Penjelasan Notulis dan Notulen


Pengertian Notulis


Notulis adalah seseorang yang mendampingi pemimpin rapat dalam meringkas isi pembicaraan dan gagasan (Notulen) yang di kemukakan Peserta dalam rapat. Setelah itu pemimpin dapat membacakan kesimpulan yang diambil dan diringkas oleh notulis lalu menutup rapat secara resmi. 


Kriteria Notulis


1. Mempunyai ketrampilan menyimak gagasan dengan baik.

2. Mempunyai kemampuan menangkap gagasan utama pembicaraan.

3. Memiliki ketrampilan menulis dengan cepat.

4. Mempunyai ketrampilan merumuskan gagasan dengan cermat

5. Mempunyai kecerdikan dalam memilih kata-kata rumusan.

6. Bersikap objektif.


Pengertian Notulen


Adalah sebuah catatan yang berisi hal-hal yang berkaitan dengan hasil rapat, seminar, diskusi atau sidang dari awal hingga akhir yang di tulis oleh seorang Notulis secara ringkas yang disebut catatan rapat. 


Membuat Notulen itu Penting


Notulen rapat sebagai kelengkapan administrasi yang harus ada ketika rapat adalah hal yang sangat penting, oleh karena itu kita harus benar-benar memahami cara membuat atau menuliskan notulen rapat dengan baik dan benar.


Fungsi Notulen


Berikut adalah beberapa fungsi dari notulen yaitu: 

1. Bukti tertulis jalannya kegiatan rapat atau diskusi.

2. Tolak ukur keberhasilan suatu rapat.

3. Acuan untuk rapat selanjutnya.

4. Acuan untuk pelaksanaan kegiatan dari hasil rapat.


Isi Notulen


Berikut adalah isi dari notulen harus di buat yaitu: 

1. Tujuan kegiatan.

2. Poin-poin penting yang di bahas dalam rapat.

3. Saran dan keputusan.

4. Waktu dan tempa pelaksanaan. 

5. Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan.


Sistematika Notulen

a. Bagian Kepala Notulen


1. Nama atau tema rapat yang akan di bahas

2. Hari dan tanggal acara di laksanakan

3. Waktu pelaksanaan

4. Tempat pelaksanaan

5. Peserta Rapat

6. Notulis


b. Isi Notulen


Merupakan suatu bagian dari notulen yang berupa hal-hal yang di bahas dan hasil keputusan rapat. Terdiri dari kolom:

1. Hal yang menjadi pembahasan.

2. Uraian.

3. Penanggung jawab.

4. Keterangan.


Tips Membuat Notulen


1. Menyimak dan menulis segala hal proses yang berlangsung dalam rapat termasuk kesimpulan dan hasil rapat.

2. Jangan takut menginterupsi meminta klarifikasi kepada peserta rapat.

3. Tulis secara singkat, pada dan sistematis.

4. Baca sepintas catatan supaya tidak ada hal yang terlewatkan.

5. Salin Notulen segera mungkin.

6. Gunakan komputer untuk mengetik Notulen.

7. Bagikan Notulen kepada peserta rapat sesuai daftar hadir yang ada.

8. Simpan Notulen dokumentasi rapat.

9. Siapkan template.


Siapkan Lembar Persetujuan


Merupakan lembar tanda tangan yang menyatakan bahwa notulen telah dibuat dan diketahui oleh pimpinan dan peserta rapat. 

Berikut ini adalah contoh template Notulen




Post a Comment

Previous Post Next Post